NIM |
: |
A11.2018.11480 |
Nama |
: |
MAYLINDA PUTRI ARDIANI |
Judul (Bhs. Indonesia) |
: |
KLASIFIKASI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP BATIK NINGRAT MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES |
Judul (Bhs. Inggris) |
: |
CLASSIFICATION OF NINGRAT BATIK CUSTOMER SATISFACTION USING THE NAIVE BAYES METHOD
|
Abstrak |
: |
Dalam dunia usaha kepuasan pelanggan sangatlah penting untuk meningkatkn perkembangan usaha. Dalam salah satu strategi penigkatan usaha batik ningrat melakukan analisa kepuasan pelanggan dengan menerapkan teknologi informasi untuk mengetahui seberapa jauh pelayanan batik ngrat terhadap pelanggan. Metode yang digunakan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap batik ningrat adalah metode Naïve bayes dimana metode tersebut adalah metode dalam cabang ilmu teknik informatika. Hasil analisa dari penetian menggunakan metode naïve bayes didapatkan hasil akurasi 93.3 %. Di hitung dari jumlah data nasabah dengan total 300 data. Selain itu dari penelitian dengan metode ini dihasilkan nilai positif terhadap kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh batik ningrat. Dengan demikian metode naïve bayes mampu diterapkan dengan baik karena menghasilkan akurasi yang tinggi. |