Abstrak |
: |
Studi kasus pada penelitian ini adalah Toko Surya Anugerah Sejahtera Plastik (SAS) yang merupakan salah satu usaha yang menjual serba serbi kantong plastik. Dalam teknisnya toko ini bergerak dibidang retailer dan grosir. Tak jarang ditemukan market basket di tiap transaksi pembelian. Market basket merupakan suatu item set yang dibeli oleh pelanggan pada saat yang bersamaan dalam sebuah transaksi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah ditemukannya pola pembelian pelanggan untuk keperluan analisa manajemen stok produk yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi penjualan. Maka digunakan association rules (analisis asosiasi) dengan bantuan algoritma apriori untuk menentukan frequent itemset yang diperlukan dalam proses analisis asosiasi untuk menemukan hubungan asosiasi antara kombinasi himpunan itemset. Algoritma ini akan menghasilkan nilai confidence dan nilai support. Gabungan dari kedua nilai ini akan menghasilkan sebuah nilai yang menunjukkan produk mana yang lebih unggul atau lebih banyak diminati pelanggan dalam arti lain ditemukannya pola pembelian produk dari pelanggan. Hasil dari penelitian dengan nilai support 0.03, nilai confidence 0.5 dan nilai support 0.05, nilai confidence 0.7 adalah jika membeli HD Bola Obor Tg maka akan membeli HD Bola Obor Kecil dengan nilai support 0.06 dan nilai confidence 0.75, dengan lift 7.500000, leverage 0.0520 dan conviction 3.600000.
|