Abstrak |
: |
Penelitian ini bertujuan agar memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh perencanaan pajak, leverage, ukuran perusahaan, corporatesocial responbility terhadap manajemen laba pada perusahaan barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun2015-2020. Perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional kerja bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang besar denganmeminimalkan biaya-biaya yang dikeluarkan terutama pada pajak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan barang konsumen primer yang terdaftar di BEI tahun 2015-2020. Variabel bebas meliputi perencanaan pajak, leverage, ukuran perusahaan,corporate social responbility, sedangkan variabel terikat adalah manajemen laba. 120 data observasi didapatkan dari laporan keuangantahunan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan. Untuk membuktikanadanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, maka menggunakan analisis regresi linier berganda pada SPSS versi 25. Hasil dalam penelitian ini yaitu perencanaan pajak dan corporate social responbility berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan leverageserta ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.
|