FEB UDINUS KEMBANGKAN ILMU STATISTIK LEWAT WORKSHOP

Demi tingkatkan kompetensi dosen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar workshop uji statistik. Workshop yang bertajuk 'Pengolahan Data Statistik Dengan Eviews 8.0' tersebut diikuti oleh para dosen FEB pada Jumat (31/01/2020).

 

Workshop yang dihadiri oleh kurang lebih 45 dosen FEB Udinus dilaksanakan di abolatorium Akuntansi gedung C lantai 5 Udinus. Pelatihan tersebut mendatangkan pembicara Akhmad Syakir Kurnia MSi., PhD, selaku dosen sekaligus Ketua Bagian Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) FEB Universitas Diponegoro. Dalam pelatihan tersebut juga, dihadiri oleh Dr Mahmud SE, MM selaku Wakil Dekan FEB, Anna Sumaryati SE, M.Si selaku Ketua Prodi (kaprodi) Akuntansi serta dosen lainnya. Setiap dosen juga mempraktikan langsung software eviews menggunakan laptop pribadi.

 

Dalam sambutannya, Dr. Mahmud, SE, MM menyampaikan pelatihan ini dilakukan dalam rangka mengenalkan beberapa varian program untuk mengelola data statistik. "Semakin banyak alat statistik yang dipahami, maka akan semakin baik juga bagi kami para dosen," ujarnya.

 

Akhmad Syakir yang juga merupakan ahli dibidang Ekonomi Makro Ekonometrika menjelaskan bahwa pengelolaan data yang paling mudah menggunakan eviews. Ia juga berbagi pengalamannya dalam menggunakan aplikasi pengolah data statistik. "Pada aplikasi eviews semua fitur sudah tersedia dan dapat diakses dengan mudah oleh menggunanya. Software tersebut juga terus mengembangkan metode statistik hingga saat ini," tegasnya.

 

Dalam kegiatan workshop uji statistik, seluruh dosen mempraktikkan secara langsung aplikasi eviews menggunakan laptop pribadi masing-masing. Beberapa dosen yang sudah ahli di bidang statistik juga tidak sungkan untuk membantu dosen lain yang kesulitan.

 

Sementara itu, Imang Dr. Imang Dapit Pamungkas M.Si.Ak., CA., ACPA selaku dosen sekaligus panitia pelaksana berharap hasil yang maksimal untuk workshop tersebut. "Ilmu statistik terus berkembang setiap tahunnya. Perkembangan tersebutlah yang harus terus diikuti oleh semua dosen FEB Udinus," ungkapnya. (*Humas Udinus/Haris. Foto : Haris Rizky)