TINGKATKAN KUALITAS PENULISAN, FEB UDINUS GELAR PELATIHAN TURNITIN

Tingkatkan kualitas penulisan di kalangan para akademisi, hari ini (8/5/2020) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang menggelar Pelatihan Aplikasi Turnitin (Plagiarism Checker Technology) dan E-Journal Emerald Insight. Pelatihan tersebut dilangsungkan secara online melalui Aplikasi Google Meet.

 

Dalam pelatihan ini, para dosen mendapatkan materi tentang cara pembuatan akun di turnitin, dilanjutkan dengan cara unggah makalah hingga cara melihat tingkat persen plagiasi yang ada di suatu makalah. Dalam pelatihan tersebut, FEB Udinus bekerjasama dengan UPT Perpustakaan Udinus yang diikuti sekitar lima puluhan  dosen dari program studi Manajemen dan Akuntansi.

 

Koordinator Penelitian & Pengabdian FEB Udinus, Dr. Imang Dapit Pamungkas., M.Si.,Ak., CA.,CIBA.,ACPA mengungkapkan dengan diterapkannya aplikasi  Turnitin karya tulis civitas akademika Universitas Dian Nuswantoro khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Udinus akan lebih berkualitas. Manfaat dari pelatihan E-Journal Emerald Insight ini akan membantu para dosen dalam meningkatkan jumlah referensi dan kualitas publikasinya. “Sebelum mengirim publikasinya, para dosen dapat mengecek terlebih dahulu tingkat kemiripannya dengan menggunakan aplikasi Turnitin. Dosen pembimbing juga dapat memanfaatkan aplikasi ini dalam proses bimbingan skripsi mahasiswa serta tugas-tugas online,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan Udinus, Natalistyo TAH, M.Si.,Ak.,CA menyampaikan bahwa divisinya selalu berusaha meningkatkan kualitas layanannya bagi sivitas akademika Udinus. Misalnya dengan berlangganan E-Journal dan EBook seperti E-Journal Emerald Insight maupun Springer. “Kami harap dengan dimanfaatkannya software Turnitin dan E-Journal Emerald Insight ini maka karya tulis sivitas akademika Universitas Dian Nuswantoro akan lebih berkualitas,” tuturnya.

 

Aplikasi Turnitin sendiri merupakan layanan deteksi plagiarisme komersial berbasis internet dan telah digunakan di berbagai perguruan tinggi, satu diantaranya yakni Udinus. Melalui aplikasi ini, Udinus ikut berperan aktif dalam mencegah adanya plagiarisme dan peningkatan karya-karya ilmiah yang berkualitas. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Humas Udinus)