CLUB PR UDINUS ADAKAN WEBINAR SEPUTAR PUBLIC RELATIONS

Club Public Relations Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menggelar web seminar series yang ditayangkan langsung melalui instagram. Seminar online tersebut membahas mengenai peran humas atau public relations di masa pandemi Covid-19.

 

Seminar online pertama dalam webinar series yang diadakan oleh Club Public Relations Udinus diisi oleh berbagai public relations dari berbagai institusi ternama. Tiga narasumber yang berprofesi Public Relations yakni Wildan A Nugraha merupakan Corporate Communication Telkomsel Regional Jateng dan DIY, Rita Nurlita merupakan Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Depok dan Nining Sekar merupakan Humas Udinus. Sedangkan narasumber lainnya yakni Heni Idrayani yang merupakan dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Udinus.

 

Kegiatan tersebut memiliki tema, ‘Peran Public Relations di Masa Pandemi Covid-19’. Narasumber dari beberapa institusi tersebut memberikan berbagai trik dan tips mengenai cara menjadi public relations yang baik dan tetap membangun citra positif bagi perusahaan.

 

Mengulik mengenai dunia Public Relations, Wildan A Nugraha menuturkan bahwa menyebarkan berita positif terkait informasi menjadi hal utama yang dilakukan oleh seorang public relations. “Penyebaran berita positif akan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan dan juga akan membangun citra baik untuk perusahaan,” tuturnya.

 

Peran Public Relations menjadi sangat penting dikarenakan merupakan corong bagi perusahaan atau isntitusi agar dikenal oleh masyarakat luas. Tak hanya itu saja, memanfaatkan media yang ada sebagai mercusuar untuk menyebarkan berita positif, menjadi tugas utama dari seorang public relations. “Public Relations harus mampu menjadi mediator antara public dan institusi. Skill itu yang harus dimiliki oleh para calon-calon Public Relations mendatang,” ungkap Humas Udinus, Nining Sekar.

 

Ketua Club PR Udinus, Vania Via Eustasia mengatakan kegiatan webinar series yang diadakan oleh Club PR Udinus merupakan alat untuk berbagi pengetahuan secara virtual mengenai ranah ilmu komunikasi. Ia juga berharap agar kedepannya Club PR Udinus mampu menjadi komunitas public relations yang dikenal oleh masyarakat. “Kegiatan ini kami lakukan agar para masyarakat dan mahasiswa lainnya mampu mendapatkan ilmu mengenai dunia ilmu komunikasi. Tak hanya materi saja namun langsung dari para praktisi seperti halnya sekarang membahas mengenai dunia public relations,” tegasnya.

 

Webinar tersebut diikuti oleh sekitar 287 peserta, dimana mereka melakukan pendaftaran terlebih dahulu secara online. Kegiatan tersebut diadakan seminggu sekali dengan topik yang berbeda-beda. Club Public Relations Udinus atau yang biasa di singkat Club PR Udinus merupakan wadah bagi para mahasiswa yang ingin belajar mengenai seluk beluk dunia public relations yang dinamis. Club tersebut berada dibawah naungan program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komputer Udinus. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Alex Devanda)