UDINUS WUJUDKAN KAMPUS MERDEKA BELAJAR BERSAMA PEMERINTAH DALAM WUJUDKAN SMART CITY

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) selenggarakan webinar mengenai kampus merdeka melalui program smart city dengan tema ‘Collaborative Branding Strategy for Semarang Smart City’. Kegiatan tersebut di prakarsai oleh Program Studi Ilmu Komunikasi yang berlangsung pada Kamis, (22/10/2020).

 

Kegiatan yang dilangsungkan secara daring melalui Zoom dan live youtube Channel TVKU menghadirkan tiga pembicara, diantaranya oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, S.E., M.M., Ketua APTIKOM sekaligus Direktur Center Excellence FIK Udinus, Prof. Zainal A.Hasibuan dan Sekprodi Ilmu Komunikasi Udinus, Lisa Mardiana, M.I.Kom.

 

Dalam keterangannya, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, S.E., M.M. memaparkan Smart City menjadi bagian terpenting dalam membangun Kota Semarang lebih baik di masa pandemi saat ini. Hal itu dilakukan untuk memasuki era digitalisasi. Namun dalam proses pengembangan tersebut memerlukan berbagai banyak pihak yang harus ikut andil dalam mengembangkan Kota Semarang ini.

 “Seluruh kegiatan dilakukan secara online atau daring, hal ini tentunya menjadikan kami untuk terus mengembangkan insfrastruktur yang ada di Kota Semarang semakin lebih baik. ,” paparnya.

 

Selain itu, Ketua APTIKOM sekaligus Direktur Center Excellence FIK Udinus, Prof. Zainal A.Hasibuan menjelaskan selain  pemerintah, pelaku akademika juga harus turut ambil andil dalam keberhasilan Smart City di Kota Semarang. Menurutnya banyak anak muda yang mampu dengan baik memanfaatkan multimedia sebagai media promosi baik pariwisata, budaya, kuliner hingga bisnis yang menjadi ciri khas di Kota Semarang. “Tentunya Udinus sebagai Universitas yang mampu mencetak lulusan berintegritas, mampu membantu dalam membangun Kota dengan mempromosikan segala elemen yang menjadi ciri khas Kota Semarang,” jelasnya.

 

Disamping itu, Udinus telah memanfaatkan program yang ada di Kota Semarang sebagai media pembelajaran sistem Kampus Merdeka Belajar. Salah satunya pada Prodi Ilkom yang mengirim mahasiswa terjun langsung dalam masyarakat sehingga mampu membentuk self-branding yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk memberikan kontribusi kepada Kota Semarang.

 

Udinus juga terus berupaya meningkatkan rasa cinta dan bangga pada diri mahasiswa agar mereka mampu menemukan trobosan baru demi kemajuan Kota dengan penelitian yang dapat digunakan datanya sebagai tolak ukur untuk berkembang lebih baik lagi. (Humas/Nuvia. Foto: Nuvia KHN)