TINGKATKAN KOMPETENSI GURU BK DI KABUPATEN JEPARA, UDINUS BERI PELATIHAN MAKALAH

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan pelatihan secara daring kepada guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kabupaten Jepara. Pelatihan kepada guru BK tersebut memberikan ilmu mengenai pelatihan penyusunan makalah best practice.  

 

Kegiatan diisi oleh dosen dari Udinus, Erika Dwi Udayanti S.Kom ,M.CS dan diikuti oleh puluhan guru BK SMA se Kabupaten Jepara. Pelatihan mengenai penyusunan makalah best practice tersebut diprakarsai langsung oleh Biro Admisi Udinus. Para guru diajarkan dari awal penyusunan makalah mulai dari gagasan makalah hingga komponen-komponen dari makalah tersebut. Para guru BK juga diberikan contoh-contoh dan praktik langsung dalam pembuatan ide makalah di bidang konseling. 

 

Makalah Best practice sendiri merupakan karya tulis dari guru maupun pendidik yang berisi pengalaman terbaik dalam proses pembelajaran, hingga metode mengatasi masalah yang dijumpai di sekolah.

 

Kepala Biro Admisi Udinus, Andi Hallang Lewa, S.S, MM menjelaskan tujuan diadakan kegiatan pelatihan daring sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi para guru BK di Kabupaten Jepara. Khususnya dari sisi pengetahuan, manajerial hingga pelayanan kepada siswa. Menurutnya pelatihan kepada guru BK di SMA, SMK maupun sederajat telah rutin digelar, namun karena masih dalam suasana pandemi, pelatihan diadakan secara daring. 

“Pada masa pandemi ini, kita dituntut kreatif dan inovatif. Pandemi ini justru waktu yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan kreativitas. Maka dari itu Udinus memberikan pelatihan seperti ini untuk meningkatkan kompetensi dari para guru BK,” jelas dia.

 

Sementara itu, Ketua Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kabupaten Jepara, Miftahul Kamaluddin merasa terbantu dan berterima kasih dengan bantuan Udinus atas pelatihan makalah best practice. Menurutnya para guru di Kabupaten jepara membutuhkan berbagai pelatihan untuk menunjang kompetensinya.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi ilmu yang berguna bagi para guru BK. Pelatihan makalah best practice menjadi pelatihan jarang diberikan kepada guru BK, jika dibandingkan pelatihan Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK),” jelas Ketua MGBK Kapubaten Jepara.

 

Sebagai Kampus yang telah terakreditasi A Udinus terus meningkatkan komptensi para guru SMA/SMK maupun Sederajat, di daerah-daerah satu diantaranya di Kabupaten Jepara. Kini Udinus telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)  tahun ajaran 2021/2022, di jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) tahap pertama pada 1 Oktober 2020 – 21 November 2020.

Info lebih lanjut seputar PMB Udinus, dapat mengakses melalui website http://pmb.dinus.ac.id, akun twitter @udinus_admisi, dan Instagram @udinus_smg.  Atau menghubungi hotline Admisi Udinus: Agus (085641985619) dan Niken (082221757282). (Humas/Alex. Foto: Alex Devanda)