KETUA BEBRAS INDONESIA BAGIKAN ILMU PADA MAHASISWA BARU UDINUS LEWAT MATRIKULASI

Kegiatan matrikulasi Universitas Dian Nuswantoro yang mengusung nama Hello Campus ditutup dengan kuliah umum ‘Implikasi Computational Thinking Terhadap Pertumbuhan Berbagai Sektor di Era Society 5.0’. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring tersebut diikuti oleh 1748 mahasiswa baru Udinus pada Selasa, 6 Juli 2021.

Kuliah umum kali ini menghadirkan pemateri yang sudah menguasai bidangnya, yaitu Dr. Ir. M.M. Inggriani selaku Ketua Bebras Indonesia. Selain itu juga dihadiri oleh Prof. Dr. Supriadi Rustad M.Si selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Udinus, Dr. Yuventius Tyas Catur Pramudi SSi, M.Kom selaku Kepala  Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Kurikulum (LP2K) Udinus serta Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D selaku Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer.

Computational Thinking (CT) merupakan keterampilan yang dapat dimiliki seseorang untuk menyelesaikan sebuah masalah. Dr. Ir. M.M. Inggriani yang juga merupakan dosen Institute Teknologi Bandung ini dalam pemaparannya menjelaskan bahwa CT ini telah menjadi literasi abad ke 21 dan disamakan derajatnya dengan kemampuan baca bertulis dan berhitung. Dengan keterampilan ini permasalahan harus diselesaikan dengan efektif, efisien dan optimal.

“CT ini dapat diterapkan di berbagai bidang mulai dari ekonomi, hukum hingga kesehatan. Terlebih lagi sudah semakin banyak program studi informatika yang membuat berbagai solusi CT berupa tools,” jelasnya.

Selaku Kepala  Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Kurikulum (LP2K) Udinus, Dr. Yuventius Tyas Catur Pramudi SSi, M.Kom juga mendukung adanya pembelajaran CT bagi mahasiswa Udinus. Sementara ini materi tersebut telah diterapkan dalam mata kuliah matrikulasi. Nantinya akan dikonversikan menjadi Pengantar Teknologi Informasi (PTI). PTI menjadi muatan universitas yang didapatkan oleh setiap program studi di Udinus. Pihaknya akan terus akan  mengembangkan dan mengimplementasikan CT agar dapat ditularkan ke dosen dan juga mahasiswa di lingkungan Udinus.

“CT ini tidak hanya sekedar diajarkan, melainkan harus dicoba dan dipraktekkan secara langsung, ” harapnya.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Ayu Pertiwi, S.Kom. MT., selaku Koordinator Bebras Udinus. ini. Diikuti oleh mahasiswa baru Udinus angkatan 2021 yang telah melakukan daftar ulang sampai dengan 11 Juni 2021. Selain menggunakan platform zoom, seluruh peserta juga dapat mengikuti serangkaian kegiatan melalui channel youtube TVKU yang disiarkan secara live.

Sementara itu, Prof. Dr. Supriadi Rustad M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa permasalahan bukanlah sesuatu yang harus dihindari. Melainkan mencari solusi bagaimana permasalahan tersebut dapat terselesaikan. Melalui kuliah umum ini diharapkan wawasan dari mahasiswa baru Udinus akan terus meningkat seputar computational thinking.

“Keterampilan ini menjadi bekal bagi mahasiswa baru Udinus untuk nantinya menyelesaikan berbagai permasalahan  yang ada,” ujarnya.(Humas Udinus/Haris. Foto: Haris Rizky)