JAWAB PERMASALAHAN PARIWISATA NASIONAL, PRODI D4 LOLAHOT UDINUS JADI TUAN RUMAH RAKOR HIDIKTIPARI

Program Studi (Prodi) D4 Pengelolaan Perhotelan (Lolahot) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang jadi tuan rumah  dalam Rapat Kerja (Rakor) Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari) Dewan Pengurus WIlayah (DPW) V. Rapat tersebut berlokasi di Ruang Rapat gedung H lantai 1 Udinus, pada Selasa, 14 Juni 2022 
 
Acara yang diikuti oleh 30 dosen pengajar tersebut berasal dari perguruan tinggi swasta dan negeri wilayah DKI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut, Prodi tergabung dalam Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus mendapat kehormatan menjadi tuan rumah. Rapat berlangsung dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Penerapan prokes seperti mengenakan masker serta dipastikan seluruh peserta sudah mendapat vaksin. 
 
Rakor dibuka langsung oleh Ketua Umum Hildiktipari  Dr. Suhendroyono, M.M. Ia mengajak seluruh perguruan tinggi pariwisata untuk andil suara dalam pembangunan pariwisata nasional. Diharapkan melalui Rakor kali ini akan ada banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan bersama.  Kurang lebih 20 perguruan tinggi pariwisata di wilayah V akan dilibatkan dalam pekerjaan itu. 
 
“Mari bersama-sama memberikan kontribusi untuk peningkatan pariwisata nasional melalui bidang akademik. Seperti memberikan pembelajaran terbaik bagi calon-calon mahasiswa pariwisata di wilayah DIY dan Jateng,” ajaknya. 
 
Selanjutnya rapat inti dan diskusi dipandu oleh Ketua Hildiktipari DPW V Drs. Santoso, M.M., melalui Sekretaris Hildiktipari DPW V Dr. Ani Wijayanti, M.M., M.MPar.CHE., dan juga Ketua Prodi S1 Bahasa Inggris Udinus Dr. Sunardi S.S., M.Pd. 
 
Dekan FIB Udinus, Dr. Raden Arief Nugroho, SS., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Udinus kepada seluruh peserta Rakor Hildiktipari. Melalui rapat ini diharapkan beberapa permasalahan seputar pendidikan tinggi di bidang pariwisata dapat terjawab. Seperti sebelumnya, tantangan untuk peningkatan SDM sudah terjawab dengan adanya program studi doktor pariwisata. 
 
“Sebagai salah satu organisasi yang dinamis dan responsif, kami yakin Hildiktipari akan menjawab semua tantangan di masa peralihan pandemi ini. Lalu untuk dosen Prodi D4 Lolahot Udinus yang berminat lanjut ke S3 akan kami dukung sepenuhnya,” ungkap Dekan FIB Udinus. 
 
Kegiatan rapat tersebut ditutup dengan field trip bersama di tempat wisata Kota Semarang, salah satunya di Kota Lama. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)