KANTONGI 19 MEDALI, UDINUS JADI PTS TERBAIK DALAM AJANG POMPROV SELEKDA JATENG 2022

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang raih peringkat pertama di jajaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Seleksi Atlet Daerah Jawa Tengah (Pomprov Selekda Jateng) 2022.
 
Capaian tersebut didapatkan Udinus yang mengantongi total 19 medali, dengan rincian medali 6 emas, 7 perak dan 6 perunggu. Medali itu diraih oleh para atlet Udinus yang turun di berbagai cabang olahraga (cabor) yang ada di Pomprov Jateng 2022. Capaian emas diraih dalam cabor Taekwondo, Karate, dan Panjat Tebing. Sementara itu, Udinus menempati peringkat 5 di regional Jateng untuk jajaran PTN dan PTS.
 
Sebelumnya Udinus juga telah sukses sebagai tuan rumah untuk cabor Taekwondo. Dalam cabor itu atlet mahasiswa Udinus, Fahad Abdurrahman Sasongko berhasil dapatkan medali emas.
 
Kemudian untuk cabor Karate, 2 medali emas berhasil diraih oleh Hera irnandha untuk Kumite +68 Kg Putri, dan Getta Shafada Aryadilana untuk Kumite -84 Kg Putra. Lalu untuk 2 medali perak diraih oleh Laila Nurul Humairoh untuk kategori Kata Perorangan Putri, sedangkan untuk kategori beregu putra diisi oleh Getta Shafada aryadilana, Renditya Hikmal Aryantara, Kiansang Atmaja Nagara Assyahiid, Arya Hasta Pradana, dan Muhammad Wafi Rohman.
 
Sementara untuk medali perunggu dari cabor Karate, diraih oleh Muhammad Wafi Rohman untuk Kumite -75 Kg Putra, Kiansang Atmaja Nagara Assyahiid untuk Kumite -55 Kg Putra, Chavella Teyza Putri Vedhayana untuk Kumite -55 Putri dan pada Kumite Beregu Putri diisi oleh Hera irnandha, Chavella Teyza Putri Vedhayana, dan Wulan Pebrianti.
 
Mahasiswi Prodi S-1 Manajemen, Hera Irnandha ungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh tim Karate dan seluruh sivitas akademika Udinus. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh atlet Udinus dalam mengikuti ajang Pomprov jateng 2022, salah satunya mengikuti training center di kabupaten Jepara. 
 
“Persiapan kami lakukan kurang lebih selama 1 bulan lebih, dengan melakukan latihan sehari dua kali. Menjadi suatu kebanggaan tersendiri kami dapat mewakili Jateng untuk Pomnas 2022 nantinya,” ungkap Hera.
 
Sementara itu, pada cabor Panjat Tebing, 3 medali emas diraih oleh Aditya Tri Syahria untuk kategori Speed World Record Putra, Berthdigna Devi Surya Kusuma untuk kategori Speed World Record Putri, dan Bhetari Toto Dharmawati untuk kategori Boulder Putri. Sementara 2 medali perak diraih oleh Veby Alverine Putri untuk kategori Speed World Record Putri, dan Bhetari Toto Dharmawati untuk kategori Lead Climbing Putri
 
Mahasiswi Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Komunikasi Udinus, Berthdigna Devi Surya Kusuma mengaku bahagia dapat memberikan kontribusi untuk Udinus, dalam ajang pomprov jateng tahun ini. Menurutnya, lawan terberat dari salah satu PTS asal Kota Purwokerto. Namun dengan strategi dan taktik yang sudah disiapkan matang, medali emas sanggup ia dapatkan.
 
“Harapannya bisa memberikan yang maksimal untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (Pomnas) 2022 nantinya. Dapat mewakili kontingen Jateng hingga ke kancah nasional dan mengharumkan nama Udinus,” imbuhnya.
 
Untuk cabor lainnya, dari Pencak Silat medali perunggu didapatkan oleh Muhammad Ilham untuk kategori Tanding Putra, lalu medali perunggu lainnya juga berhasil didapatkan oleh Tim Basket Putri Udinus.
 
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M., ucapkan selamat atas 19 medali yang berhasil disumbangkan oleh para atlet mahasiswa Udinus. Mampu membawa Udinus menjadi PTS terbaik dalam perolehan medali Pomprov Selekda Jateng tahun ini. Dukungan penuh selalu diberikan oleh seluruh sivitas akademika Udinus untuk para atletnya.
 
“Sekali lagi selamat untuk para atlet, mari berikan yang terbaik untuk Pomnas di bulan november mendatang. Apresiasi selalu diberikan pihak kemahasiswaan untuk prestasi akademik maupun non-akademik berupa beasiswa,” tutupnya.
 
Nantinya enam atlet Udinus dari berbagai cabor akan mewakili kontingen Jateng, di ajang Pomnas XVII tahun 2022. Dalam ajang itu Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah, pada 11-19 November 2022 mendatang. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)