PRODI D-4 ANIMASI UDINUS KENALKAN KOLABORASI DUNIA ANIMASI DENGAN DUNIA KESEHATAN

Program studi D4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berikan wawasan kepada seputar kontribusi peranimasian dalam dunia kesehatan. Materi tersebut disampaikan kepada seluruh Mahasiswa peserta program Mid-Year Camp 2022, diselenggarakan di ruang serbaguna Gedung D lantai 1 Udinus. (20/9/2022)
 
Pemaparan yang mengusung tema 'Digitized for health and environment', disampaikan dengan menarik oleh dua dosen Prodi D4 Animasi Udinus. Pada kesempatan itu, Nita virena dan Ristia Kadiasti, menunjukkan perkembangan animasi dari masa kemasa. Peserta juga diberi kesempatan untuk melihat langsung beberapa karya milih Prodi yang terakreditasi B itu. 
 
Nita virena memaparkan bahwa video animasi dapat digunakan dalam menyebarluaskan wawasan seputar health dan science. Hal itu dilakukan agar wawasan yang disampaikan menjadi lebih menarik serta memikat perhatian berbagai kalangan. Sehingga dari mulai anak-anak hingga orang dewasa akan lebih mudah memahaminya.
 
"Maka itu dunia animasi dan dunia kesehatan bisa saling berkesinambungan, sebagai upaya memberi wawasan kepada masyarakat luas dengan lebih menarik dan mudah dipahami. Semoga melalui materi ini peserta juga dapat menyebarkan pemikiran yang sama di ranah kesehatan," jelasnya.
 
Dalam materi itu juga dijelaskan pengertian dan sejarah seputar animasi. Untuk memberikan gambaran kepada seluruh peserta yang masih awan, tentang apa itu animasi. Selama kegiatan peserta mengikuti dengan antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan.
 
Salah satu peserta Mid-Year Camp 2022. Mohamad Khairul mengaku senang mendapat wawasan baru seputar animasi. Menurutnya, melalui pelatihan ini ia jadi lebih memahami kesinambungan video animasi untuk dunia kesehatan. Beberapa contoh yang menarik perhatiannya yakni animasi yang menunjukan secara jelas bagaimana covid bisa meluas dan menjadi pandemi
 
“Melalui materi ini, kami tahu bahwa animasi dapat menyampaikan penjelasan bahkan yang rumit dan luas sekalipun, sesuai dengan kreativitas dari pembuat animasinya. Materi menarik yang disampaikan oleh kedua dosen tadi pastinya menjadi pengalaman tak terlupakan,” tutupnya.
 
Mid-Year Camp 2022 yang diikuti oleh 19 mahasiswa Universiti Malaka Terengganu (UMT) itu menjadi salah satu program Fakultas Kesehatan Udinus. Seluruh mahasiswa melakukan sit-in di Udinus selama 12 hari kedepan.