MAHASISWA PRODI S-1 SISTEM INFORMASI UDINUS SIAP WAKILI JATENG DI PILMAPRES NASIONAL

Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil lolos melaju ke tingkat nasional dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres). Capaian yang didapat oleh Hendriansyah itu menjadi prestasinya di ujung semester bangku perkuliahan. 
 
Mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Sistem Informasi Udinus itu berhasil melaju ke tingkat nasional, sebagai perwakilan perguruan tinggi di Jawa Tengah. Pada ajang tersebut, finalis ditentukan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, dan juga Kemendikbudristek. Setelah sebelumnya tahap seleksi awal Pilmapres dilakukan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) setiap wilayah.
 
“Berbeda dengan Pilmapres di tahun sebelumnya, tahun ini saya bersaing dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Prestasi berbentuk gagasan kreatif menjadi salah satu poin penting dalam proses seleksi,” ujar CEO Culture Academy itu.
 
Mahasiswa angkatan 2019 itu mengaku senang bisa mengharumkan nama Udinus di ajang bergengsi pada kancah Nasional. Ungkapnya, pilmapres memang menjadi tujuan akhir dari seluruh prestasi yang sudah didapatkannya selama berkuliah di Udinus. 
 
“Sebagai salah satu perwakilan dari wilayah Jawa Tengah nantinya di ajang Pilmapres Nasional, saya akan berusaha semaksimal mungkin. Semoga bisa mengukir sejarah baru dan mengharumkan nama Udinus di Pilmapres tingkat nasional tahun ini,” harapnya.
 
Sebelumnya audiensi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah juga telah dilakukan. Audiensi tersebut sebagai upaya untuk memajukan pendidikan di wilayah Jawa Tengah. Yakni melalui inovasinya bernama 'SiKresna', yang pemanfaatan sensor Passive Infrared Sensor (PIR), ESP 32 CAM dan Machine Learning & Artificial intelligence (AI) yang dirakit menjadi kamera. Untuk mendeteksi fokus siswa, dan hasil deteksi akan dilihat berdasarkan emosi dari siswa tersebut.
 
Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Dr. Kusni Ingsih, M.M., ucapkan rasa bangganya atas capaian dari mahasiswa Prodi S-1 Sistem Informasi Udinus itu. Dalam mempersiapkan kegiatan Pilmapres itu, dukungan dan berbagai persiapan sudah dilakukan sejak semester awal. Melalui berbagai prestasi akademik baik di tingkat nasional hingga internasional. 
 
“Kami seluruh sivitas akademika Udinus akan berikan dukungan terbaik untuk Hendriansyah dalam melangkah ke Pilmapres tingkat nasional tahun ini. Semoga dapat mengharumkan nama Udinus dalam bersaing dengan berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia,” tutupnya.(Humas Udinus/Harris. Foto: Humas Udinus)