TERIMA KUNJUNGAN DARI SMK N 1 BANGSI UDINUS BERTUKAR ILMU KURIKULUM RPL

Berbagi wawasan seputar perkembangan teknologi di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang terima kunjungan dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 1 Bangsri.
 
Kunjungan itu diikuti 17 tenaga pengajar dari SMK asal Kabupaten Jepara. Dalam acara itu dibahas pula perkembangan bahan ajar Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, di ruang rapat gedung H lantai 1 Udinus, pada 19 September 2022.
 
Pada kesempatan itu, Wakil Kepala Sekolah SMK N 1 Bangsri, Djoko Santoso, S.Si., hadir dan mewakili Kepala Sekolah, bersama Koordinator Mata Pelajaran RPL, Abdullah Azzam Al Haqqoni, S.Pd., serta beberapa guru pengajar lainnya.
 
Di Udinus, rombongan disambut oleh Wakil Dekan Affandy, M.Kom, Ph.D., didampingi oleh praktisi serta dosen dari Udinus Technology (Dinustech), yakni Koordinator Dosen RPL, Defri Kurniawan, M.Kom., dan Manager of Software Department, Abu Salam, M.Kom.
 
Wakil dekan, Affandy, M.Kom, Ph.D., mengungkapkan rasa kagumnya kepada seluruh peserta, yang mau hadir  dan berdiskusi langsung melihat perkembangan teknologi sejauh ini. Ujarnya, perangkat berbasis IT memang berkembang begitu cepat, maka perubahan kurikulum juga harus sama cepatnya mengikuti perkembangan itu. 
 
"Ketika teknologi itu berkembang dengan pesat, maka itu akan menjadi tugas kami tenaga pengajar untuk mengikuti perkembangan tersebut. Semoga melalui diskusi ini kami bisa melihat perkembangan baik dari taraf SMK maupun Perguruan tinggi" ujarnya.
 
Selanjutnya dari tim Dinustech menyampaikan beberapa fungsi dan tugasnya, seperti software development, network solution provider hingga IT Consulting. Ditampilkan juga beberapa produk beruba startup, salah satunya evaluation dan oncodoc.id yang ditujukan untuk dunia akademik.
 
Melalui kegiatan diskusi ini, Djoko Santoso, S.Si., mengharapkan kedua pihak bisa saling belajar terhadap perkembangan DUDI saat ini. Dinustek dipilihnya karena sudah memiliki riwayat prestasi yang menjanjikan, serta berada di lingkungan kampus dengan akreditasi Unggul. 
 
“Setiap tahunnya kami juga mendapat informasi bahwa kurikulum yang diajarkan sesuai perkembangan saat ini. Dengan melakukan studi banding ke Udinus, mendapat bekal agar di tahun berikutnya apa yang telah kami rencanakan dapat diselenggarakan,” tutupnya. (Humas Udinus/Haris. Foto: Humas Udinus)